Harga Daging Kambing Terbaru Tahun Ini – Karawang

Harga daging kambing dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketersediaan daging dan permintaan pasar terhadap daging. Meski demikian, terdapat beragam jenis kambing yang memiliki harga daging di atas rata-rata sehingga terjamin kualitas dagingnya internasional.
Kambing pedaging merupakan hewan ternak yang fokus pada produksi daging hewan. Mulai dari pembibitan hingga pertumbuhan dan pemasaran dikelola dengan kontrol ketat untuk menjamin kualitas. Beberapa kambing pedaging yang terkenal antara lain kambing Boer  dan kambing Kacang.
Khususnya kambing boer dan kambing boer diakui sebagai penghasil daging terbaik. Dia memiliki tubuh yang sangat berotot dengan daging yang ramping dan berserat. Keunggulan kambing Boer sebagai daging terbaik sudah terkenal di dunia internasional.
Oleh karena itu, selain ketersediaan dan permintaan pasar, jenis kambing tertentu akan dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. GB Farm menjual daging kambing dan produk olahan ternak setelah melalui proses quality control (QC) yang ketat.

Update Harga Kambing Terkini Tahun Ini

Daging kambing segar sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian masyarakat. Pasalnya dalam 100 gram daging kambing (berbagai jenis pada umumnya) mengandung sekitar 16 gram protein yang mengandung 142 kalori, 20 gram lemak 11, mg kalsium, 124 mg fosfor, satu mg zat besi, dan masih banyak vitamin lainnya. seperti vitamin B.
Layaknya daging domba segar, daging kambing juga bisa diolah menjadi beragam masakan lezat dan bergizi. Kita ketahui bersama bahwa ada tiga jenis daging yang terkenal yaitu daging sapi, ayam, dan kambing/domba.
Kita bisa membayangkan masakan olahan seperti sate kambing, gulai kambing, dan nasi goreng kambing. kepala gorse rica, krengsengan dan sop ekor kambing tengkleng kambing, dan masih banyak lagi. Sekadar menyebut kata, olahan makanan tersebut sudah menggugah keinginan untuk segera mencicipinya.
Mengetahui update harga daging kambing terkini dapat bermanfaat baik bagi produsen maupun pembeli. Bagi konsumen, diharapkan dapat menemukan daging jenis ini dengan harga yang terjangkau dan murah. Bagi produsen daging, hal ini berguna dalam menentukan harga untuk meningkatkan keuntungan.
Jelas bahwa tempat penjualan daging kambing juga mempengaruhi harga, namun tidak sebesar variasi ketersediaan dan permintaan spesies kambing. Berdasarkan data Info Pangan, rata-rata harga daging kambing 1kg adalah Rp 146.200.
Harga termurah Rp 90.000 per kilogram, dan harga termahal Rp 160.000 untuk satu kilogram. Namun tentu saja biayanya tergantung jenis daging yang digunakan. Semakin berkualitas dan kenyang dagingnya, semakin tinggi harganya.

Update Harga Daging Kambing Jenis Tertentu

Memahami berbagai jenis daging kambing yang dihasilkan akan lebih bermanfaat dengan memperhatikan harga daging tertentu. Di seluruh dunia, daging kambing tidak hanya diolah setelah sudah besar dan dewasa, namun tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan dagingnya saat masih kecil.
Contoh yang baik adalah kambing Nubia (Anglo Nubian), meskipun kambing jenis ini dianggap kambing perah karena kualitas susunya yang tinggi. Namun daging kambing Nubia di negara lain sangat digemari terutama untuk daging usia muda.
Perbedaan budaya antara Indonesia dan luar negeri membuat jenis kambing pedaging yang mendapat predikat paling bergengsi didasarkan pada beragam faktor. Di luar negeri, beberapa contoh kambing pedaging yang populer antara lain kambing Boer, Savanna, Myotonic, Kiko, Spanish (Hispaniolan), Katahdin dan Nubian.
Selain itu, di Indonesia (dalam negeri) terdapat jenis kambing pedaging yang paling terkenal adalah kambing peranakan Etawa (PE), Kacang, Benggala, Jawarandu dan Boer. Orang-orang di luar negeri lebih fokus pada daging berkualitas tinggi, tidak peduli seberapa mahal harganya.
Mayoritas penduduk Indonesia fokus pada harga yang terjangkau, apapun kualitasnya. Itulah perbedaan utama harga daging kambing luar negeri dan dalam negeri.
1. Daging Kambing Peranakan Etawa (PE) Rp 150.000 per Kilogram
Kambing peranakan etawa (PE) Kambing peranakan etawa (PE) merupakan salah satu jenis kambing lokal yang banyak dimanfaatkan untuk diambil susunya. Bukan hal yang aneh juga jika daging hewan PE memiliki penggemar tersendiri karena lebih kaya nutrisi. Rata-rata harga daging PE per kilogramnya adalah Rp 150 ribu.
Biayanya lebih mahal jika memilih komponen khusus, misalnya paha belakang tanpa tulang. Dan menjadi lebih murah bila membeli komponen tertentu, seperti jeroan kepala, kaki, atau karkas. Jika mencari di pasaran tidak mudah menemukan daging kambing PE karena tujuan utama dari sapi ini adalah untuk susunya (dairy).
2. Daging Kambing Kacang Rp 125.000 per Kilogram
Berikutnya adalah Kambing Kacang yang sangat populer di Indonesia sebagai produsen daging dengan harga terjangkau. Di pasaran harga daging tergolong tinggi.
Tipe ini rata-rata Rp. 125.000 per kilogram (daging utuh).
Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika memilih bagian daging yang dekat dengan tulang (tidakseluruh hewan). Mencari penjual daging kambing terdekat cukup mudah karena kambing Kacang merupakan produsen utama produk olahan sate, gule, dan makanan berbahan dasar kambing.
3. Daging Kambing Bengal Rp 140.000 per Kilogram
Kambing Bengal memiliki struktur tubuh yang lebih besar dan tinggi dibandingkan kambing Kacang. Jenis ini juga laris manis karena merupakan penghasil daging ternama di Indonesia. Harga daging bersih jenis Bengal adalah Rp 140.000 per kilogram.
Untuk kaki dan kepala bersih rata-rata harganya Rp 90.000 per kilogram. Selain itu, potongan kambing yang paling murah adalah jeroannya yang bersih dengan harga sekitar Rp 60.000 per kilogram. Komponen terbaik dan termasuk daging lengkap adalah paha belakang yang harganya lebih mahal jika benar-benar bebas tulang.
4. Daging Kambing Jawarandu Rp 110.000 per Kilogram
Jenis kambing pedaging yang terkenal berikutnya adalah Jawarandu yang merupakan hasil persilangan antara kambing Etawa dan Jawa (Kacang). Postur tubuhnya lebih besar dan lebih gagah dari pada Kacang Tanah, oleh karena itu dagingnya banyak sekali.
Harga daging kambing Jawarandu Rp 110.000 untuk satu kilogramnya. Perlu diwaspadai, harga tersebut untuk daging yang tidak bersih dan masih ada tulangnya. Misalnya daging utuh tanpa tulang bisa naik hingga Rp 140.000/kg.
5. Daging Kambing Boer Rp 160.000 per Kilogram
Kambing boer dikenal sebagai hewan penghasil daging di seluruh dunia. Mereka merupakan produk Afrika Selatan dan kemudian berhasil dibudidayakan di negara lain, termasuk Australia. Peternakan modern Australia menyediakan kambing Boer darah lengkap yang garis keturunannya sudah terkonfirmasi, sehingga harganya bisa mencapai 30 juta per ekor.
Namun untuk harga daging Boer per kilogramnya harus diperhatikan apakah itu Boer darah lengkap, Boer F1, atau persilangan lainnya. Semakin murni kambing Boer maka harganya akan semakin mahal (namun Boer fullblood cenderung tidak dimanfaatkan untuk diambil dagingnya karena fokus pada peternak yang kualitasnya terbaik).
Harga khas daging Boer berkisar Rp 160.000 untuk satu kilogram ras F1. Jika Anda ingin membeli daging kambing yang sudah disembelih, biayanya bisa lebih dari Rp 200.000 per kilogram.
#dagingkambing #dagingkambingsurabaya #dagingkambingmurah #dagingkambingpremium #dagingdomba #hargadagingkambing #hargadagingdomba #hargadagingkambingsurabaya #jualdagingkambing #jualdagingkambingsurabaya